Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fitur-Fitur Unggulan Dari Android 12 Versi Beta Yang Baru Saja Dirilis Google!

Calonkaryawan.com - Google baru saja merilis Android 12 versi beta pada hari Rabu, 19 Mei 2021, sistem operasi (OS) terbarunya ini memiliki banyak fitur baru yang menjadi keunggulannya seperti bisa menampilkan animasi yang lebih halus, responsifnya lebih bagus dan tentunya memiliki keamanan data diri atau privasi lebih kuat.

Sistem Operasi Android 12 ini dirancang memang lebih berfokus pada Hp yang sangat personal dan diklaim Google sebagai OS yang aman secara default, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir dan bisa bekerja lebih optimal di mana saja.

Seperti yang diungkapkan oleh Sameer Samat, VP manajemen produk, Android dan Google Play, bahwa”Android 12 merupakan perubahan desain terbesar dalam sejarah Android,”. Adapun beberapa fitur unggulan dari Android 12 ini adalah sebagai berikut :

5 Fitur Unggulan Android 12 Versi Beta

5 Fitur Unggulan Android 12 Versi Beta

Google merancang sistem operasi Android terbarunya ini lebih berfokus pada personalisasi, sehingga nantinya Android 12 ini akan lebih dinamins, ekspresif dan personal daripada sebelumnya.

Para penggunanya nanti bisa dengan mudah mengubah warna khusus dan widget yang telah didesain ulang. Kemudian pada saat memilih wallpaper, secara otomatis sistem akan memilih warna yang lebih dominan untuk dipakai.

Pada tampilan home-nya akan banyak tombol yang diperbesar, tetapi nantinya bisa mengecil sesuai dengan banyaknya notifikasi. “Material You”, merupakan istilah yang digunakan Google untuk OS Android 12 ini.

Animasi yang lebih halus

Tiap ketukan, gesekan, serta gulir yang kamu coba di HP Android dengan android 12 akan terasa lebih mudah dari versi sebelumnya.

Biasanya ketika animasi lebih halus itu akan menggunakan lebih banyak daya baterainya, tetapi ini tidak berlaku di Android 12 karena Sameer Samat mengklaim seluruh animasi yang terdapat tidak hendak memperlambat sistem serta tidak buat boros baterai. Tetapi fitur ini hanya memakai CPU tidak lebih dari 22 persen saja. Malah, OS terkini ini sanggup kurangi pemakaian prosesor oleh server sistem sampai 15 persen.

Google dalam rilisnya menuliskan,” Fitur Android Kamu saat ini lebih kilat serta lebih responsif dengan efisiensi energi yang lebih baik sehingga Kamu bisa memakai fitur lebih lama tanpa bayaran.”

Sistem pintas yang diperbaharui

Google juga memanjakan pengguna dengan fitur- fitur produktivitas yang diperbarui. Terdapat opsi menahan tombol power yang fungsinya bisa untuk memanggil Asisten Google dan bisa diperintahkan untuk melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan persoalan ataupun memohon dibacakan suatu postingan.

Fitur ini bukan hal baru karena memang di Android 10-11 sudah hadir Asiste Google untuk diperintah melakukan sesuatu.

Penggunaan Informasi Pribadi Lebih Transparansi

Android 12 memiliki fitur baru yang berikan Kamu lebih banyak transparansi tentang aplikasi apa saja yang mengakses informasi tentang penggunanya dan Kamu juga akan lebih banyak kendali atas opsi tentang seberapa banyak data individu yang bisa diakses oleh aplikasi.

Pengaturan pribadi yang baru ini menawarkan tampilan pengaturan izin serta membolehkan pengguna mencabut izin tersebut. Selain itu kamu juga bisa menghidupkan ataupun mematikan mikrofon, kamera ponsel serta indikator posisi. Spesial posisi, Kamu bisa mengendalikan supaya aplikasi bisa dibatasi buat cuma memandang ditaksir posisi Kamu, bukan posisi pas melalui pintasan kilat.

Fitur lainnya

Smart Canvas juga sudah hadir didalam Android 12, yang mana Aplikasi Smart Canvas ini fungsinya membolehkan layanan semacam Google Docs serta Sheets jadi lebih fleksibel serta tersambung.

Selain itu Fitur NFC juga nantinya bisa digunakan untuk membuka kunci mobil, mungkin akan bisa digunakan pada smartphone tipe tertentu saja seperti Google Pixel dan Samsung Galaxy tertentu.

Daftar Hp Yang Bisa Update Androis 12 Beta

Google Pixel secara resmi memang akan langsung bisa mencoba layanan Android 12 versi beta ini, dan tidak menutup kemungkinan brand-brand lain seperti Samsung, Asus, Xiaomi dan OnePlus bisa langsung menggunakannya.

Android 12 Beta saat ini sudah bisa digunakan untuk pengguna HP OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro. Dan juga dapat diunduh di Xiaomi Mi 11, Mi 11X, Mi 11X Pro dan Mi 11 Ultra. Tapi ada laporan yang dimuat oleh laman Indiatoday, bahwa ada beberapa pengguna Mi 11 dan varian Mi 11X Pro yang gagal menginstal Android 12 versi Beta ini.

Artikel ini telah tayang di teknobgt.com dengan judul Ini Fitur-Fitur Unggulan Dari Android 12 Versi Beta Yang Baru Saja Dirilis Google!